Cara Mengcompile Program C Di Linux

Hai Friends :D

 Waaahh ... Udah lama ngak update postingan blog, yaa maklum ngak ada bahan buat ngeblog dan juga sibuk belajar gitu boss hehe :D
pada tutorial kali ini saya bakalan ngasi tutorial Cara Mengcompile Program C Language Di Linux

 Ngomong-ngomong tentang C language apa sih itu C language ? C language atau Bahasa C merupakan salah satu bahasa program komputer. Diciptakan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972 untuk Sistem Operasi Unix.
Bahasa C adalah pengembangan dari bahasa BCPL (Basic Combined Programming Language). Bahasa C tergolong dalam middle level language yang arti nya bahasa tingkat menengah.

 Meskipun bahasa C di peruntukan untuk memprogram Komputer dan Jaringan Komputer, namun di sisi lain bahasa C juga dapat di gunakan dalam mengembangkan software aplikasi. jika ingin lebih jauh menggenal C language kamu bisa click di sini

 Dalam membuat program bahasa C kita pasti perlu yang nama nya text editor untuk menuliskan script atau source code dari bahasa Pemrograman. Pada Sistem Operasi linux biasa nya sudah di sedia kan aplikasi text editor bawaan seperti vi, gedit, leafpad, nano, kedit dan lainnya. Nah pada tutorial kali ini saya menggunakan text editor nano bawaan terminal linux, jika kamu belum terbiasa dengan nano kamu bisa menggunakan text editor lain seperti gedit atau leafpad :)

   Baca Juga : Menulis Script Di Terminal Linux

 Pertama buka terminal linux kamu, dan buat lah sebuah direktori untuk tutorial ini agar terlihat lebih rapi :) contoh saya akan membuat di Desktop, bisa ketikan perintah mkdir Desktop/nama_direktori

contoh gambar 1

selanjut nya cd Desktop/nama_direktori untuk berpindah ke direktori yang telah dibuat :)

contoh gambar 2

Kemudian check compiler gcc atau g++, gcc atau g++ adalah sebuah aplikasi compiler untuk C language/Bahasa C di linux sedangkan Compiler merupakan suatu penerjemah source code program ke dalam code mesin, agar code mesin dapat membaca/mengerti dengan program yang di buat.
Jika gcc atau g++ sudah terinstall maka akan ada text di terminal seperti ini
gcc (Debian 6.1.1-11) 6.1.1 20160802 Copyright (C) 2016 Free Software Foundation, Inc. This is free software; see the source for copying conditions. There is NO warranty; not even for MERCHANTABILITY or FITNESS FOR A PARTICULAR PURPOSE.

g++ (Debian 6.1.1-11) 6.1.1 20160802 Copyright (C) 2016 Free Software Foundation, Inc. This is free software; see the source for copying conditions. There is NO warranty; not even for MERCHANTABILITY or FITNESS FOR A PARTICULAR PURPOSE.


contoh gambar 3

jika berbeda maka kamu butuh menginstall nya dengan perintah di terminal sudo apt-get install build-essential, biasa nya package ini secara default sudah ada pada distro linux debian dan turunan nya. Sesudah installasi selesai, kemudian check lagi dengan perintah gcc atau g++.

contoh gambar 4

lalu kita akan menulis source code atau script C language dengan text editor nano :)
buka terminal baru di linux kamu, dan pindah ke direktori tutorial kita yang sudah di buat tadi cd Desktop/nama_direktori setelah itu ketikan perintah nano helloworld.c :
  #include
  int main()
  {
   printf("Senang nya Belajar Bahasa C\n");
   return 0;
  }

lalu save dengan perintah ctrl+o, ctrl+m, Dan ctrl+x untuk keluar dari text editor nano. Untuk yang menggunakan gedit atau leaftpad save dengan extension c :)

contoh gambar 5

kemudian untuk mengcompile suatu program C language bisa mengetikan di terminal linux dengan perintah g++ nama_program.c -o namafile atau gcc nama_program.c -o namafile
contoh :
    g++ helloworld.c -o helloC
    gcc helloworld.c -o helloc

lalu untuk menjalankan program bahasa C yang sudah di compile tadi dengan perintah ./namafile

contoh gambar 6


sekian tutorial dari saya semogga bermanfaat :)

#LEARN IS PROCESS

Posting Komentar

0 Komentar